Pondasi Batu Kali, Pondasi Cakar Ayam, dan Pondasi Menerus

Pondasi Batu Kali, Pondasi Cakar Ayam, dan Pondasi Menerus – Sebagaimana kita ketahui bahwa fungsi utama rumah ialah menjadi tempat tinggal sekaligus daerah perlindungan yang berasal panas, hujan, angin, serta gangguan alam lainnya seperti gempa bumi.

Untuk  itu tempat tinggal tinggal selain wajib rapi, indah dilihat, juga yg lebih krusial lagi haruslah kokoh serta Aman.

Rumah yang kokoh dan kuat perlu dirancang dengan struktur bangunan yang memakai bahan bangunan dan adonan adukan yg dianjurkan, salah satunya adalah acuan SNI  tentang pekerjaan pondasi.

Pondasi Rumah

Pondasi artinya komponen struktur yg terletak paling bawah serta berhubungan langsung dengan tanah,

sebab pondasi bersinggungan langsung tanah sering terjadi resiko rembesan air tanah yang naik ke struktur diatasnya sehingga dapat merusak bangunan.

Agar bisa mengatasi rembesan air tanah tadi maka di struktur pondasi perlu diberikan campuran trasraam yang artinya adukan semen serta pasir tetapi komponen semen dalam adukan diperbesar yaitu 1 semen : 2 pasir.

Pondasi merupakan bagian dari struktur yg sangat menentukan kekuatan serta kekokohan sebuah tempat tinggal.

Pondasi berfungsi memikul semua beban tempat tinggal mulai dari beban dinding, plafond, atap, atau bangunan pada atasnya Jika bangunan berlantai 2 atau lebih.

Pondasi tempat tinggal umumnya menggunakan pasangan batu belah dengan perekat adukan semen dan pasir.

Buat bangunan rumah 2 lantai, pasangan pondasi batu kali perlu dibantu dengan pondasi plat beton pada setiap pojok atau persimpangan tembok (persis di bawah kolom).

Pondasi plat beton biasa dianggap orang “ pondasi cakar ayam ”.

Pondasi batu kali pondasi cakar ayam pondasi menerus

pembesian pondasi cakar ayam

Perbandingan semen pasir pada adukan perekat pasangan pondasi batu kali mulai adukan 1 semen : 3 pasir, 1 semen : 4 pasir, dan paling rendah 1 semen : 5 pasir.

baca juga  Tips Memilih Sofa untuk Ruang Tamu Anda

Pasir yg digunakan haruslah pasir pasang yang berkualitas dengan kandungan tanah yg sangat kecil.

Batu pondasi yang digunakan sebaiknya batu belah berkualitas, sebab jika bukan batu belah umumnya permukaannya tidak baik terlapisi tanah yg mengeras sebagai akibatnya kurang bersenyawa dengan perekat adukan.

Pondasi batu kali pondasi cakar ayam pondasi menerus

Pada pembangunan suatu bangunan yg umumnya hanya tediri paling besar sebanyak 2 lantai dimana beban yang dipikul  pondasi tidak terlalu berat  maka pada umumnya hanya dikenal tiga jenis pondasi.

Ketiga jenis pondasi tersebut dibagi berdasarkan manfaatnya menjadi berikut :

  • Pondasi batu kali menerus

Seperti namanya pondasi ini terbuat dari pasangan batu kali yang keras yang diatur satu sama lain supaya melekat menggunakan adukan semen dan pasir.

Pondasi batu kali pondasi cakar ayam pondasi menerus

Pondasi batu kali pondasi cakar ayam pondasi menerus

gambar pondasi batu kali menerus

Dimana posisi pondasi ini terletak dibawah pasangan dinding yg akan dipasang, karena pondasi ini berfungsi buat menyangga beban asal konstruksi dinding yg akan dirancang supaya stabil dan kokoh.

Selain menjadi penahan beban dinding pondasi ini juga bisa berfungsi sebagai pelawan tanah urugan buat peninggian rumah.

  • Pondasi Cakar Ayam atau pondasi pelat beton setempat / Pondasi setapak.

Pondasi ini terbuat dari beton bertulang, yg berfungsi sebagai pijakan struktur kolom tempat tinggal agar stabil, bertenaga serta kokoh.

Kolom ini nantinya akan sebagai tiang penyangga berdirinya rumah dan kawasan atap bertumpu.

Pondasi ini berbentuk plat persegi dengan ukuran bervariasi tergantung beban dan penggunaannya.

Besi tulangan pondasi plat ini terlihat seperti kaki ayam, sehingga orang sering menyebutnya pondasi cakar ayam.

Pondasi batu kali pondasi cakar ayam pondasi menerus

Pondasi batu kali pondasi cakar ayam pondasi menerus

gambar struktur pondasi cakar ayam

Tebal plat pondasi ini umumnya antara 10 cm – 15 cm tergantung juga terhadap beban struktur bangunan.

Oleh karena itu kualitas beton sebagai komponen paling penting dari pondasi cakar ayam ini wajib sesuai dengan perhitungan struktur.

baca juga  Dapur Minimalis Moderen

Sesuai dengan kegunaannya tadi maka posisi pondasi ini umumnya terletak dibawah kolom atau sudut-sudut pertemuan dinding yang terdapat kolom struktur bangunan.

Pondasi batu kali pondasi cakar ayam pondasi menerus

Pondasi batu kali pondasi cakar ayam pondasi menerus

pembesian pondasi cakar ayam atau pondsi setapak

  • Pondasi pelat beton menerus.

Dimana pondasi ini pula terbuat dari beton bertulang, yang berfungsi selain menjadi tumpuan kolom -kolom, berfungsi juga menjadi tumpuan konstruksi dinding pengganti pondasi pasangan batu kali menerus.

Karena pondasi ini menggantikan pondasi pasangan batu kali yg menerus pada bawah dinding yang kita pasang maka posisi pondasi ini mengelilingi tempat tinggal tepat di bawah  letak dinding.

Pondasi batu kali pondasi cakar ayam pondasi menerus

Pondasi batu kali pondasi cakar ayam pondasi menerus

gambar pondasi menerus

Ada juga yang terdapat serta pula terletak dibawah bagian kolom terutama di sudut pertemuan antar dinding.

Pondasi Plat menerus biasanya di gunakan pada tanah yang kurang stabil seperti bekas rawa atau persawahan atau bekas tanah urugan yang cukup tebal.

Untuk lebih jauh mempelajari rencana pondasi rumah Anda, segera konsultasikan bersama kami.


C.V Diro Karya – Jasa Kontraktor Malang, Kontraktor Surabaya, Kontraktor Bali dan Kontraktor Probolinggo

Butuh Kontraktor atau Pemborong untuk membangun maupun renovasi rumah Anda ?

segera hubungi kami

Bpk. Atung SST

MALANG

Jl. Simpati Kavling Utara Polindes no 15, Losari – Singosari
Malang- Jawa Timur

PROBOLINGGO

Jl. Mastrip gg Sirsak No 8 Kedopok
Probolinggo – Jawa Timur

082144145988
email : dirokarya@yahoo.co.id

Mungkin Anda juga menyukai

15 Respon

  1. Supri berkata:

    Mungkin bisa ditambahkan pak jenis pondasi strauss pile yang sekarang mulai sering digunakan untuk pondasi bangunan rumah yang berdiri diatas tanah lunak. tks

  2. Edy Sutardi berkata:

    Saya ingin membangun rumah 2 lt dengan luas bangunan 7 mtr x 9 mtr, diatas tanah bekas kebun, sebaiknya pondasi jenis apa yang digunakan.
    Terima kasih atas jawabannya.

    • dirokarya berkata:

      Salam Bapak Edy.. sebenarnya pemilihan pondasi sangat tergantung dari jenis tanah / komposisi tanah yang akan didirikan bangunan tersebut.. menurut analisa kami tanah bekas kebun ( bukan sawah ya ) memiliki karakteristik yang cukup keras karena bukan seperti sawah yang selalu tergenang air… Jadi mungkin pondasi strauss kombinasi pondasi setapak dengan kedalaman tanah keras sekitar 1-2 m cukup untuk menopang beban bangunan Bapak…jangan lupa sloof tetap menumpu pada pondasi batu kali keliling ya Pak.. salam..

  3. faeyza berkata:

    Saya ingin membangun rumah ukuran 6.5x 14…diatas tanah sawah..pondasi apa yang cocok untuk lokasi seperri ini?terima kasih

    • dirokarya berkata:

      Terima kasih sudah menghubungi kami ..
      Sebenarnya untuk pemilihan pondasi di sesuaikan dengan daya dukung tanah dan beban bangunan.. kalo lihat keterangan bekas tanah sawah yang biasa terendam air saya rasa pondasi strauss diameter 30 cm sedalam tanah keras dan setapak ukuran 90×90 sebagai penahan beban rumahnya..

      • Pepeng berkata:

        Mau tanya pak, ini kan sy mau bangun rumah 2 lantai, ukuran 6×10, rencana mau pakai kolom 15×40, untuk tulangan bagian sudut gimana ya pak, harus di bikin L apa bisa di satu siai saja, makasih sebelumnya

        • dirokarya berkata:

          sebenarnya untuk penentuan titik kolom harus disertakan gambar denahnya Pak.. tapi kalo memang di paksa harus kolom L bisa juga dan aman asal pembesiaannya sesuai dengan hitungan kebutuhan srtuktur.. terima kasih

          • Sonny berkata:

            Saya mau renov rumah uk 3x 8m. Sudah ada cakar ayam dan tiang 6 buah uk 15x20cm , besi tiang ada 4 bh per tiang uk 10mm. Jarak antar tiang dari sisi dlm 3,6m. Kira2 dengan spesikasi seperti itu kuat gak pak untuk bikin lantai 2 jika menggunakan lantai panel?

          • dirokarya berkata:

            kalo cuma isi 4 diameter 10 kalo kita itu standart untuk rumah 1 lantai Pak.. bisa mungkin di tambahin di antara 3.6 m tadi kolom lagi + cakar ayamnya demi keselamatan… karena beban untuk lantai 2 bukan cuma panel lantai tersebut Pak.. tapi juga dinding, keramik, plester dan atap juga.. blm lagi beban perabot dan beban manusianya juga…

  4. Yuli berkata:

    Saya mau bangun rumah dengan luas 8×12 tingkat sedangkan struktur tanah saya campur batu Kira2 kalau pondasi pelat beton terus menerus apakah kuat pak?

    • dirokarya berkata:

      dear Bu Yuli, untuk pondasi Plat Beton menerus biasanya di gunakan pada tanah bekas sawah atau rawa, terlalu boros untuk di gunakan pada tanah berbatu, saya sarankan pakai pondasi cakar ayam / plat setempat Bu.. terima kasih

  5. Jentina berkata:

    Saya mau bangun rumah 10×11 lantai 2 gandeng manjadi 2 rumah bentuk ruko 5×11, atap cor, 6 meter jarak dari jalan lintas provinsi, bagaimana pondasi yang Baiknya pak?

    • dirokarya berkata:

      dear Jentina
      untuk pondasi sebenarnya yang paling berpengaruh adalah daya dukung tanah dan beban bangunannya..
      jika kondisi tanahnya bagus dan kuat maka pondasi setapak tebal 15 cm dengan besi 12 jarak 15 dimensi pondasi 80cmx80 cm sudah cukup

  1. Januari 11, 2019

    […] untuk yang belum baca pembahan jenis jenis pondasi sederhana bisa klik “mengenal pondasi sederhana” […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

/* */
× chat kami